SMA NEGERI 3 KOTA SERANG

Jalan Raya Taktakan KM 0.5, Panggungjati, Taktakan, Kota Serang, Banten 42162

Official Website SMAN 3 Kota Serang

SMAN 3 KOTA SERANG LAKSANAKAN PAT ONLINE

Selasa, 09 Juni 2020 ~ Oleh Team Jurnalis ~ Dilihat 464 Kali

SMAN3News. “PAT (Penilaian Akhir Tahun) untuk kelas X dan XI tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya dikarenakan masih di berlakukannya Proses Belajar di rumah akibat wabah pandemi Covid-19. Proses ujiannya dilakukan secara online dirumah dan tanpa pengawasan resmi dari sekolah. Instrumen penilaian mengacu pada penilaian standar konvensional, soalnya berbentuk pilihan ganda” demikian penjelasan Nurdiana Salam, S.Pd, M.Pd ketika kami hubungi lewat telepon genggamnya kemarin sore (8/6/10 red)

Lebih lanjut Nurdiana menjelaskan pelaksanaan PAT sangat memerlukan kerjasama dengan orang tua terutama untuk mendampingi anaknya selama pelaksanan ujian, karena tidak menutup kemungkinan anak mengerjakan soal sambil membuka buku. Atau dikerjakan oleh kakak/orang tuanya karena adiknya/anaknya tidak ingin mendapat nilai jelek.  Hal seperti ini tentu tidak kami harapkan maka kami menghimbau kepada seluruh siswa untuk mengerjakan soal dengan penuh kejujuran.  Imbuhnya.

Surat keputusan Gubernur no 3 tahun 2020 tentang perpanjangan waktu libur proses belajar mengajar disekolah dan Surat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Banten Nomor 800/1244-dindikbud/2020 tentang waktu belajar di rumah pada masa darurat covid-19 sampai dengan tanggal 15 Juni 2020 memaksa sekolah melakukan ujian PAT secara Daring untuk kelas X dan XI.

Menurut Ali Ichsan, S.Pd, MMPd,  sebelum pelaksanaan ujian online (daring) dilaksanakan SMAN 3 Kota Serang telah melakukan uji coba selama  2 kali  dengan tujuan agar siswa dapat menyesuaikan dengan  sistem/aplikasi  yang dipakai oleh sekolah, mulai dari pengisisan absensi online dan upload foto saat ujian akan dilangsungkan PAT. Bahkan ada wali kelas yang mengawal siswanya agar mengikuti ujian dengan jujur dengan cara shareloc (share lokasi) dalam grup kelas untuk memastikan siswa tetap berada di rumah.

Masih menurut Ali Ichsan , Jumlah siswa kelas X dan XI  yang mengkuti ujian Online sebanyak 977 siswa. Pada hari pertama mata pelajaran PAI yang tidak mengikuti sebanyak 13 siswa (1,33%), Biologi sebanyak 5 siswa (0,51%) dan Pendidikan Kewirausahaan sebanyak  3 siswa (0,31%). Berarti partisipasi siswa yang mengikuti PAT setiap jam uji nya meningkat. Hal ini tentu berkat peran para wali kelas yang terus memantau perkembangan siswanya selama PAT berlangsung. Demikian  penjelasan waka Kurikulum. 

Atikah Purnamasari, S.Pd salah seorang guru Biologi SMAN 3 Kota Serang pun memberikan support kepada siswa didiknya dalam mengikuti kegiatan PAT di akun Instagram miliknya dengan tulisan “Ayo siapa yang di PAT kemarin   yang mengerjakan soal sersama-sama?  Walau tidak diawasi guru tetap kalian diawasi Allah, berlakulah jujur dalam mengerjakannya. Tidak ada yang rugi dengan kejujuran. Ingat Allah tidak melihat hasil tetapi Allah melihat usaha kalian. Selamat melaksanakan PAT semoga kalian sukses.”  (Tim Jurnalis/Iie.M)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Edi Sutedi S.Pd, M.Si

  Assalamualaikum Wr.Wb Segala puji bagi Allah  SWT, yang telah memberi sebaik-baik nikmat berupa iman dan islam., serta kesehatan dan…

Selengkapnya

TAUTAN