SMA NEGERI 3 KOTA SERANG

Jalan Raya Taktakan KM 0.5, Panggungjati, Taktakan, Kota Serang, Banten 42162

Official Website SMAN 3 Kota Serang

Belajar on Line saat Pandemi Covid-19

Minggu, 31 Mei 2020 ~ Oleh Team Jurnalis ~ Dilihat 730 Kali

Upaya pemerintah meningkatkan pelayanan Pendidikan selama masa pandemic covid 19 salah satunya dengan meluncurkan laman Rumah Belajar. Tujuannya adalah membantu siswa dan guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis online. Dengan laman tersebut diharapkan hak-hak siswa dalam memperoleh layanan Pendidikan selama berada di rumah dapat dipenuhi.

Kepala SMAN 3 Kota Serang, Nurdiana Salam, S.Pd, M.Pd, saat dihubungi mengatakan bahwa Sekolah ini telah menerapkan sistem belajar online kepada para siswanya, dengan memanfaatkan laman Rumah Belajar dan laman resmi lainnya dari kemendikbud yang terbukti sangat efektif. Hal tersebut dapat terlihat bahwa antara guru dan siswa sangat interaktif, komunikatif, menarik serta mampu menumbuhkan imajinatif dan inovatif. Mengapa demikian karena proses pembelajaran yang dilakukan oleh rekan-rekan guru telah sesuai dengan apa yang diharapkan pemerintah. Dengan demikian gurupun  dituntut lebih kreatif dalam memilih model pembelajaran yang dikembangkannya.

Pelatihan PembaTIK (Pembelajaran berbasis TIK) juga menjadi solusi untuk peningkatan mutu guru. Sebanyak 15 (lima belas) orang guru terlibat dalam pelatihan PembaTIK yang diselenggarakan oleh Kemdikbud yang nantinya akan dapat menularkan ilmunya kepada rekan-rekan lainnya sehingga pembelajaran yang ideal bisa tercapai. 

Selain itu pula untuk menjalin komunikasi, koordinasi dalam melaksanakan supervisi Kepala SMAN 3 Kota Serang menggunakan aplikasi Google Meet sebagai sarana controling pelaksanaan kegiatan selama Work From Home  (WFH) berlangsung. "untuk menjalin komunikasi kami memanfaatkan google meet ataupun aplikasi zoom sebagai sarana komunikasi dengan para wakasek dan guru mata pelajaran sehingga walaupun terlihat santai tetapi target pembelajaran tercapai sesuai yang diharapkan" demikian ucap Nurdiana.

Ali Ichsan, S.Pd, M.MPd, sebagai Wakasek bidang Kurikulum memberikan tanggapan berkaitan pola pembelajaran siswa SMAN 3 Kota Serang. Bahwa Pandemi Covid-19 turut mengubah dunia Pendidikan Indonesia, mulai dari metode pembelajaran, penganggaran hingga sarananya. Dalam proses belajar, misalnya guru tidak harus bertatap muka secara langsung dengan siswa namun dapat dilakukan dengan daring. Kepala Sekolah telah memberikan arahan sebelum kegiatan belajar dirumah, agar guru terus memberikan hak-hak anak dalam menerima informasi pembelajan hingga berakhirnya masa cofid-19, dan  Alhamdulillah hal telah dilaksanakan oleh rekan guru. Agenda Online setiap berakhirnya pembelajaranpun telah kami siapkan sebagai monitoring pembelajaran jarak jauh (PBJJ).

Covid-19 danmasa pembelajaran dirumah telah merubah pola belajar, hal tersebut dikemukakan oleh Sesil siswa SMAN 3 kelas XI MIPA. Ada kelebihan  dan kekurangan  dalam proses pembelajaran daring yang telah kami terima. Kelebihannya adalah dengan adanya pembelajaran online kita semakin banyak tahu bahwa belajar tidak mesti bertatap muka tapi bisa mencari sendiri di dunia maya hal-hal yang berkaitan dengan pelajaran yang selama ini tidak saya lakukan. Sedangkan kekurangannya adalah terkendala dengan kuota yang dimiliki he..he… jelas sesil malu-malu. semoga ada solusi dari pemerintah. 

Cofid-19 entah kapan akan berakhir dan proses pembelajaran normalpun sangat dinantikan oleh siswa dan guru. Jaga Kesehatan, Jaga Jarak dan selalu berdoa Semoga wabah ini cepat berlalu……… (Iie M / red)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Edi Sutedi S.Pd, M.Si

  Assalamualaikum Wr.Wb Segala puji bagi Allah  SWT, yang telah memberi sebaik-baik nikmat berupa iman dan islam., serta kesehatan dan…

Selengkapnya

TAUTAN