SMA NEGERI 3 KOTA SERANG

Jalan Raya Taktakan KM 0.5, Panggungjati, Taktakan, Kota Serang, Banten 42162

Official Website SMAN 3 Kota Serang

UPACARA BENDERA BENTUK KARAKTER SISWA

Sabtu, 29 Desember 2018 ~ Oleh Team Jurnalis ~ Dilihat 548 Kali

Upacara bendera adalah rutinitas yang hampir dilakukan oleh setiap sekolah pada hari senin,juga pada peringatan hari besar nasional seperti  peringatan 17 Agustus, Sumpah Pemuda, dan Hari Pahlawan. Pada saat siswa mengikuti upacara bendera, biasanya mereka merasa kesal karena  harus capek berdiri berlama-lama, kepanasan, pegal, dan berbagai keluh-kesah lainnya.

Mengutip pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir pada kunjungan kerjanya di salah satu SMA di Tangerang mengatakan “pelaksanaamn upacara bendera di sekolah merupakan bagian dari upaya membentuk karakter siswa,” . Dia menambahkan, ada banyak nilai yang bisa diambil diantaranya kedisiplinan, ketahanan baik fisik maupun mental, dan juga dalam memahami pembukaan UUD 1945, serta menumbuhkan sikap kerjasama.

Menyikapi hal tersebut Nurdiana Salam, S.Pd, M.Pd selaku pimpinan di SMAN 3 Kota Serang membenarkan bahwa pelaksanaan upacara pengibaran bendera memiliki nilai-nilai yang sangat positif bagi siswa terutama dalam pembentukan karakter. Dengan mengikuti upacara secara khidmat maka akan membentuk dan memiliki manfaat bagi siswa antara lain:

  • Terbentuknya jiwa kemimpinan dan rasa percaya diri. Untuk menjadi pemimpin upacara tidaklah mudah diperlukan keberanian dan ketahanan fisik serta rasa percaya diri selama upacara berlangsung. Tentunya ananda dapat bayangkan betapa harus berdiri dengan sikap sempurna didepan 1320 pasang mata yang siap memperhatikan gerak-gerik pemimpin upacara.   
  • Terbentuknya sikap disiplin dan hidup tertib. Sikap disiplin diperlihatkan manakala gerakan-gerakan dalam upacara diucapkan oleh pemimpin upacara seperti sikap sempurna, isirahat ditempat dan penghormatan, mencerminkan bagaimana kita harus tertib dan taat aturan.
  • Menumbuhkan rasa saling kebersamaan. Pelaksanaan pengibaran bendera adalah bentuk kerjasama team kelas.
  • Belajar bertanggung jawab. Dengan menjadi petugas upacara ananda harus bertanggung jawab penuh dan berkomitmen terhadap kelasnya.
  • Menumbuhkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air, patriotisme dan nasionalisme.
  • Mampu Menyimak setiap informasi yang diberikan Pembina dan sekolah dalam situasi ramai.   

     

Dengan demikian jelaslah bahwa pelaksanaan upacara bendera yang dilaksanakan setiap hari senin maupun upacara peringatan hari besar akan sangat mempengaruhi  pembentukan karakter siswa, dan tentunya walaupun bukan satu-satunya.  (iem)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Edi Sutedi S.Pd, M.Si

  Assalamualaikum Wr.Wb Segala puji bagi Allah  SWT, yang telah memberi sebaik-baik nikmat berupa iman dan islam., serta kesehatan dan…

Selengkapnya

TAUTAN