You need to enable javaScript to run this app.

SISWA SMAN 3 KOTA SERANG MENGIKUTI PRAKTIK MANASIK HAJI

  • Senin, 06 Maret 2023
  • sman3kotser
  • 1 komentar
SISWA SMAN 3 KOTA SERANG MENGIKUTI PRAKTIK MANASIK HAJI

Jumat pagi saat itu suasana begitu cerah, sang fajar gagah naik ke angkasa raya. Padahal semalam dan satu hari sebelum hujan deras seharian. Luapan kegembiraan terlempar dari raut wajah siswa-siswi kelas 12 yang sudah berjejer menyambut simulasi panggilan rukun islam ke-5 itu tiba. 

Jumat, 3 maret 2023, sejumlah siswa kelas XII SMAN 3 Kota mengikuti ujian praktek peragaan manasik haji. Kegiatan ini dilaksanakan di lingkungan sekolah dan diikuti oleh seluruh siswa- siswi kelas XII SMAN 3 Kota Serang. Semenjak pukul 07.00 WIB para siswa sudah mulai berdatangan ke lapangan upacara, bagi yang putra langsung memasuki kelas yang sudah dibagi per kloter (rombongan kelas) untuk mengganti pakain dengan kain ihrom. Setelah memaikai kain ihrom para siswa memeriksa perlengkapan manasik,kartu identitas dan batu kerikil untuk melontar jumroh. Bagi siswa yang belum mempersiapkan batu kerikil maka dipersilahkan untuk mencarinya di sekitar lingkungan sekolah.

kemudian, para siswa putri sudah memakai pakaian putih-putih yang telah di instruksikan dari rumah, karena tidak memakai kain ihrom layaknya pakaian laki-laki. Para siswa putri pun berkelompok sesuai dengan kloter-kloter yang telah dibagi dan berkumpul di ruang kelas yang telah ditentukan.

Setelah semuanya berkumpul di lapangan, para siswa diarahkan guru penguji untuk berkumpul di halaman lapangan upacara untuk mendengarkan arahan dan penjelasan dari penguji, tentang alur pemberangkatan, tata tertib, dan mengingatkan kembali beberapa doa yang dilafadzkan ketika sedang dalam rangkaian manasik.

Sebelum pemberangakatan peserta manasik haji dari miqot, terlebih dahulu mendengarkan sambutan dari Kepala Sekolah Bapak Edi Sutedi, dan sambutan dari Ustad Jefri, M.Pd yang menjelaskan tata cara pelaksanaan dan penilaian ujian praktek manasik haji.

Seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan dengan tertib dan penuh keseriusan sampai dengan rangkaian terakhir manasik haji. Sekolah berharap kedepannya pelaksanaaan kegiatan manasik haji dapat dilaksanakan dengan lebih baik setiap tahunnya, dan diharapkan pula agar kegiatan manasik haji dapat menjadi bekal pengetahuan para siswa  yang nantinya  akan menunaikan ibadah haji ataupun umrah dikemudian hari.

Bagikan artikel ini:

1 Komentar

"haloo"
07 Aug 2023 14:54 halo halo

Beri Komentar

Edi Sutedi, S.Pd, M.Si

- Kepala Sekolah -

Assalamualaikum Wr.Wb Segala puji bagi Allah  SWT, yang telah memberi sebaik-baik nikmat berupa iman dan islam., serta kesehatan dan...

Berlangganan